5 Jan 2011

Tips-tips Merawat Laptop

Laptop adalah barang elektronik yang sangat rentan, tapi banyak kegunaanya bagi pemiliknya. Oleh karena itu, bagi sobat yang mempunyai laptop, wajib merawatnya. Dan dalam postingan ini, saya akan memberitahu sobat, tips-tips merawat lapop check it out (heleh).


Cover Protector
  1. Pasang pelindung. Untuk menghindari cacat fisik, gunakanlah protector, seperti screen protector, cover protector, keyboard protector. Selain itu, protector ini juga mengurangi debu yang masuk di laptop sobat.
  2. Gunakan baterai dengan benar. Ini penting bagi anda yang baru saja membeli laptop atau mengganti baterai lama dengan yang baru. Jangan biasakan meniggalkan laptop yang sedang diisi ulang, karena proses charging yang terlalu lama dapat memperpendek usia baterai. Jadi isilah baterai sesuai petunjukayang ada di buku manual.
  3. Lepas baterai jika perlu. Apabila sobat menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepas baterai dan sambungkan kabel power laptop. Tetapi resikonya, jika listrik padam, laptop sobat juga padam. Jadi pikirkan baik-baik.
  4. Jangan kasar. Sebaiknya sobat selalu berhati-hati dalam menggunakan laptop. Jangan membuka atau menutup laptop dengan kasar apalagi paksa ( parah banget nihh ). Karena, perilaku ini dapat merusak engsel laptop dan merusak komponen konektor display yang ada di sekitar engsel laptop.
  5. Jangan diletakkan sembarangan. Jangan gunakan laptop di atas permukaan lunak. Karena, ini dapat menghambat aliran udara panas yang keluar.
  6. Gunakan cooling pad. Langkah ini berguna untuk membantu sirkulasi pengeluaran panas dari laptop.
  7. Hindari tempat panas. Selalu jauhkan laptop sobat dari sinar matahari langsung maupun ruangan bersuhu tinggi untuk mengurangi resiko rusaknya komponen-komponen laptop dan baterai.
  8. Bersihkan secara berkala. Pembersihan secara berkala dapat mengurangi resiko rusaknya laptop karena debu. untuk keyboard gunakan kuas atau vacuum cleaner kecil dan bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain halus. Untuk LCD, gunakan kain halus yang telah dibasahi air hangat ( bukan air panas ). Hindari penyemprotan cairan secara langsung ke layar, karena bisa menyebabkan LCD belang. gosok secara perlahan dan searah dan jangan menekan LCD ( bisa-bisa malah LCDnya bukan bersih, tapi rusak ).
  9. Cooling pad
  10. Simpan dengan rapi. Usahakan memilih tempat yang sejuk dan kering. Jika disimpan dalam jangka waktu lama, sebaiknya copot baterainya dan simpan dalam tas laptop untuk mencegah masuknya debu.
Oke, segitu dulu. Maaf kalo jarang update blog. And CMIIW. Thank's for reading.

1 komentar:

  1. perlu dicoba juga tuh.. tks buat infonya
    harap knjungannya dong http://lombardo.blogdetik.com/2011/02/21/ballpen-sederhana-berteknologi-baru-dan-berkualitas/

    BalasHapus